Debat Kedua Pilpres 2019, Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Bisa Terkerek Asalkan Penuhi Syarat Ini

Sabtu, 16 Februari 2019 09:26

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Elektabilitas capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan nomor urut 02 Prabowo Subianto bakal terkerek asalkan pemaparan memuaskan masyarakat.

Apalagi menurut Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, debat pada Minggu 17 Februari 2019 yang menampilkan secara khusus Jokowi dan Prabowo itu akan membahas masalah utama dalam kehidupan.

“Temanya menarik, terutama masalah pangan yang merupakan kebutuhan semua orang,” kata dia kepada TribunSolo.com, Sabtu (16/2/2019).

“Lewat tema itu, sangat berpengaruh mengerek elektabilitas kedua capres, asalkan dikemas dengan baik dan pemaparan memuaskan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut dosen di Fakultas Hukum (FH) menerangkan, kedua capres bisa memaparkan solusi terbaik dalam berbagai bidang kehidupan melalui debat kedua tersebut.

Di antaranya, kesejahteraan petani, inovasi teknologi pertanian, kestabilan harga dan import.

“Kemudian soal energi menyangkut adanya jaminan kedaulatan energi dan inovasi energi terbarukan, ya itu penting,” jelasnya.

Dia menambahkan, adapun Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan kedua capres diharapkan membahas soal keberlanjutan pembangunan.

“Apalagi soal lingkungan, Jokowi dan Prabowo harus bisa menyampaikan programnya agar bisa menghindari bencana alam akibat dampak lingkungan,” ucap dia. 

Sebelumnya, Agus Riewanto juga menerangkan, debat kedua yang secara khusus menampilkan calon presiden (capres) andalan masing-masing, harus lebih menarik dari debat sebelumnya.

“Seharus lebih rileks dan jangan seperti cerdas cermat,” terang dia kepada TribunSolo.com.

Debat antara Jokowi dengan Prabowo itu, diharapkan saling menguji tawaran program kerja dibidang pangan, infrastruktur, energi, sumber daya alam (SDA) dan lingkungan.

“Jokowi ataupun Prabowo harus tajam dalam menawarkan program yang kongkrit untuk dilaksanakan dan sesuai kebutuhan masyarakat,” ungkap dia.

“Maka bisa menjawab masalah yang pelik di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya menegaskan.

Dikutip TribunSolo.com dari TribunJogja.com, acara debat kedua akan dibagi menjadi enam segmen dan interaksi kedua capres dipastikan akan lebih banyak.

Pada segmen pertama, para calon akan memaparkan visi-misi seperti debat pertama.

Segmen kedua dan ketiga akan diisi oleh pertanyaan yang telah disusun tim panelis.

Segmen keempat adalah debat eksploratif (tarung bebas), yang akan diawali dengan penayangan video singkat dari tim panelis. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Debat Kedua Pilpres 2019, Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Bisa Terkerek Asalkan Penuhi Syarat Ini, https://solo.tribunnews.com/2019/02/16/debat-kedua-pilpres-2019-elektabilitas-jokowi-dan-prabowo-bisa-terkerek-asalkan-penuhi-syarat-ini?page=2.
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Hanang Yuwono

About admin

Check Also

Pengamat Sebut Banyaknya Lembaga Penyelesaian Hukum Pemilu Jadi Problem Indonesia di Pemilu 2024

Pengamat Hukum Tata Negara, Agus Riwanto dalam Diskusi Publik Pemilu Serentak 2024 yang ditayangkan di …

Ahli Hukum Ingatkan UU Sumbar Bukan Peluang Bikin Perda Syariah

Agus Riewanto (Foto: dok. Istimewa) Andi Saputra – detikNewsKamis, 14 Jul 2022 09:11 WIB Jakarta …

Prabowo, Anies dan Ganjar Maju Capres, Wapres dari Kelompok Islam

SOLOPOS.COM – Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang juga pengamat politik, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.