Debat Keempat Capres Jokowi vs Prabowo Diprediksi Akan Lebih Seru, Ini Penjelasan Pengamat Politik

Kamis, 28 Maret 2019 17:22

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Debat keempat Pilpres 2019 yang menampilkan capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan capres nomo urut 02 Prabowo Subianto diprediksi lebih seru, karena mengkut isu-isu strategis.

Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto mengungkapkan, debat dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional, dibantu oleh publik.

“Karena menyangkut soal isu-isu strategis bagi masa depan Indonesia dalam konteks geopolitik nasional dan internasional,” ungkapnya kepada TribunSolo.com, Kamis (28/3/2019).

Dosen Fakultas Hukum (FH) itu lanjut dia, akan dinilai oleh publik secara langsung.

Di antaranya publik akan menanti janji dan program capres dalam menjamin penguatan ideologi Pancasila dan adaptasinya dengan tantangan global.

“Karena Pancasila akhir-akhir ini tak populer bahkan harua berhadap-hadapan dengan ideologi khalifah, liberalisme dan sosialisme,” ungkap dia.

Adapun dari segi pemerintahan menurut dia, publik menunggu visi capres soal reformasi birokrasi dan akuntabilitas pelayanan.

“Sementara soal keamanan, publik menanti ketegasan dan program Clcapres dalam melawan ancaman terorisme dan ekstrimisme,” jelas dia.

Belum lagi untuk  hubungan luar negeri, dia menilai publik menunggu visi capres soal posisi Indonesia dalam isu-isu diplomasi, perdagangan dan peran  di geopolitk Asean serta PBB.

“Nah terutama terkait keamanan global dan isu-isu kerjasama taktis antar negara,” aku dia.

“Tentu publik berharap semua isu itu dapat diurai dalam debat dengan lebih programtik dan teknokratik serta bahasa yang mudah agar di pahami publik,” jelasnya menegaskan. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Debat Keempat Capres Jokowi vs Prabowo Diprediksi Akan Lebih Seru, Ini Penjelasan Pengamat Politik, https://solo.tribunnews.com/2019/03/28/debat-keempat-capres-jokowi-vs-prabowo-diprediksi-akan-lebih-seru-ini-penjelasan-pengamat-politik?fbclid=IwAR2Y2F_pVLRLAI_gXBjL6dTXw4gGpxaA7zhzc8KV482Gqu2ryihrxVI3yp0.
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Putradi Pamungkas

About admin

Check Also

Kehadiran Menteri di MK memberi transparansi-akuntabilitas bansos

Selasa 9 April 2024. 2:44 WIB Dosen Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta …

Pakar: MK harus putuskan sengketa pemilu sesuai prinsip keadilan

Senin, 8 April 2024 20:06 WIB Dosen hukum tata negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta …

Pengamat apresiasi MK hadirkan empat menteri dalam sidang PHPU

Sabtu, 6 April 2024 12:50 WIB Dosen Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *