SOSIALISASI BUKU PENGANTAR HUKUM KEIMIGRASIAN ‘UJI SAHIH’ DALAM RANGKA HARI BHAKTI IMIGRASI KE-72

January 7, 2022

Badung -Sosialisasi Buku Pengantar Hukum Keimigrasian (Uji Sahih) dalam  Hari Bhakti Imigrasi Ke-72, Kamis, (6/1/2022), di Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Nara sumber pada acara ini yaitu para penulis Buku Hukum Keimigrasian Sebuah Pengantar yaitu Dr Agus Riewanto (FH UNS), Dr. Oce Madril (FH UGM), Gautama Budi Arundhati, S.H., L.LM (FH UNEJ), I Gede Widhiana Suarda, Ph.D (FH UNEJ), Fahmi Ramadhan Firdaus, SH, MH (Puskapsi FH UNEJ) yang dimoderatori oleh Rizki Hari Wibowo, M.HI (Analis Keimigrasian Ahli Pertama).

Acara dibuka dengan pengantar yang disampaikan Dekan FH UNEJ Dr Bayu Dwi Anggono, SH MH yang menyampaikan bahwa latar belakang penulisan ini adalah masih terbatasnya literatur kekinian mengenai Hukum Keimigrasian di Indonesia yang membahas dari berbagai prespektif keilmuan hukum. Hal tersebut menjadi ruang bagi penulis-penulis selanjutnya untuk dapat mengembangkan literasi mengenai hukum keimigrasian.

Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Prof Dr Widodo Ekatjahjana, SH, MHum dalam sambutannya secara daring mendukung penuh buku yang diinisiasi oleh para akademisi lintas perguruan tinggi serta Direktorat Jenderal Imigrasi.

Plt Dirjen Imigrasi berharap hadirnya buku ini dapat menjadi khazanah baru dengan pendekatan prespektif ilmu hukum, buku ini akan menguatkan pesan untuk bagaimana merevitalisasi tugas dan fungsi imigrasi.

Plt Dirjen Imigrasi juga berharap dengan adanya diskusi ini akan menjadi ajang diskusi yang baik untuk membangun dan menyempurnakan substansi dari buku ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh para penulis yang menjelaskan gambaran per bagian yang disampaikan  Dr Agus Riewanto (FH UNS) yang membahas sejarah dan kedudukan hukum keimigrasian, Dr Oce Madril (FH UGM) yang membahas mengenai hukum administrasi keimigrasian, Gautama Budi Arundhati, SH, LLM (FH UNEJ) yang membahas mengenai hukum internasional keimigrasian, I Gede Widhiana Suarda, Ph D (FH UNEJ) yang membahas mengenai hukum pidana keimigrasian, dan Fahmi Ramadhan Firdaus, SH, MH (Puskapsi FH UNEJ) yang membahas quo vadis : fungsi hukum keimigrasian Indonesia.

Acara ditutup Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, beliau menyampaikan bahwa dengan selesainya buku Hukum Keimigrasian Suatu Pengantar yang disusun secara lintas akademisi dengan pejabat Imigrasi.

Diharapkan kedepannya dapat membangkitkan antusiasme penulis lainnya untuk menerbitkan buku tentang Keimigrasian yang dapat semakin melengkapi buku ini.

Momentum Hari Bhakti Imigrasi ke-72 menjadi momentum untuk menerbitkan buku ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim penulis serta bagi seluruh insan Imigrasi karena buku ini semakin memperkaya literatur tentang Keimigrasian dalam khasanah kepustakaan di Indonesia.

Sumber : https://www.detikperistiwa.com/news-381235/sosialisasi-buku-pengantar-hukum-keimigrasian-uji-sahih-dalam-rangka-hari-bhakti-imigrasi-ke-72.html

About admin

Check Also

Pengamat Sebut Banyaknya Lembaga Penyelesaian Hukum Pemilu Jadi Problem Indonesia di Pemilu 2024

Pengamat Hukum Tata Negara, Agus Riwanto dalam Diskusi Publik Pemilu Serentak 2024 yang ditayangkan di …

Ahli Hukum Ingatkan UU Sumbar Bukan Peluang Bikin Perda Syariah

Agus Riewanto (Foto: dok. Istimewa) Andi Saputra – detikNewsKamis, 14 Jul 2022 09:11 WIB Jakarta …

Prabowo, Anies dan Ganjar Maju Capres, Wapres dari Kelompok Islam

SOLOPOS.COM – Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang juga pengamat politik, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.