SOSIALISASI DAN UJI SAHIH BUKU PENGANTAR HUKUM KEIMIGRASIAN DALAM RANGKA HBI KE – 72

Kanwil Bali  06 Januari 2022 

BADUNG – Kamis, 06 Januari 2022 bertempat di Nusa Dua Beach Hotel diselenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Uji Sahih Buku Pengantar Hukum Keimigrasian. Hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Direktur Jenderal Imigrasi (Widodo Ekatjahjana), Direktur Izin Tinggal Keimigrasian (Pramella Y. Pasaribu), Direktur Politeknik Imigrasi (Wisnu Widayat), Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali (Jamaruli Manihuruk), Kepala UPT Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali, Tim Penulis Buku Pengantar Hukum Keimigrasian, perwakilan dari Fakultas Hukum Universitas di Provinsi Bali serta undangan lainnya yang hadir secara langsung maupun virtual melalui Zoom Meeting.
Kegiatan diawali dengan pengantar dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Bayu Dwi Anggono) yang menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini akan membahas bagaimana isi dalam draft Buku Pengantar Hukum Keimigrasian, latar belakang dari disusunnya buku ini yaitu masih terbatasnya literatur “kekinian” mengenai hukum keimigrasian di Indonesia yang membahas dari berbagai perspektif keilmuan hukum. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi akademisi dan mahasiswa Fakultas Hukum serta Politeknik Imigrasi, maupun bagi praktisi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian, serta dapat memberi manfaat tidak hanya untuk Kementerian Hukum dan HAM, tetapi juga untuk masyarakat luas.
Acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan uji sahih Buku Pengantar Hukum Keimigrasian oleh Tim Penulis Buku (Agus Riewanto, Oce Madril, I Gede Widhiana Suarda, Gautama Budi Arundhati, dan Pitono). Adapun substansi dalam buku pengantar antara lain dalam Bab I membahas terkait sejarah dan kedudukan Hukum Keimigrasian, Bab II membahas terkait Hukum Administrasi Keimigrasian, Bab III membahas terkait Hukum Internasional Keimigrasian, Bab IV membahas terkait Hukum Pidana Keimigrasian, dan Bab V membahas terkait Fungsi Hukum Keimigrasian di Indonesia.
Setelah dilakukannya tanya jawab terkait materi buku, Plt. Direktur Jenderal Imigrasi memberikan penguatan yang menyampaikan bahwa buku yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi beserta para narasumber ahli dari perguruan tinggi seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Jember. Buku yang berjudul Hukum Keimigrasian Suatu Pengantar ini menjelaskan bagaimana pengaturan dan implementasi hukum keimigrasian yang selama ini dijalankan oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi. Dengan berpegang pada sumber politik hukum keimigrasian nasional yaitu UU no.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Peraturan Perundang-Undangan pelaksanaannya, para penulis melakukan pencermatan serta telaah bagaimana aspek-aspek yang menjadi substansi muatan buku ini.
Acara ditutup oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali yang menyampaikan bahwa dengan selesainya buku Hukum Keimigrasian Suatu Pengantar ini nantinya, yang disusun secara lintas akademisi dengan pejabat Imigrasi, diharapkan dapat membangkitkan antusiasme penulis lainnya untuk menerbitkan buku tentang Keimigrasian yang dapat semakin melengkapi buku ini. Momentum Hari Bhakti Imigrasi ke-72 menjadi momentum untuk menerbitkan buku ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim penulis serta bagi seluruh insan Imigrasi karena buku ini semakin memperkaya literatur tentang Keimigrasian dalam khasanah kepustakaan di Indonesia.

Sumber : https://bali.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/4198-sosialisasi-dan-uji-sahih-buku-pengantar-hukum-keimigrasian-dalam-rangka-hbi-ke-72

About admin

Check Also

Bertemu Gibran, Pengamat: Anies Baswedan Lebih Diuntungkan

Triawati Prihatsari • 15 November 2022 20:52 Pengamat politik UNS, Agus Riewanto. Medcom.id/ Triawati PP …

Sanksi Ganjar dan Rudy Dinilai Skenario PDI Perjuangan Raih Simpati Publik

Pengamat politik UNS, Agus Riewanto. Medcom.id/ Triawati PP Triawati Prihatsari • 29 Oktober 2022 18:00 …

Perppu Cipta Kerja Dinilai Jadi Solusi Agar Tidak Ada Penyalahgunaan Kekuasaan

Jumat, 27 Januari 2023 22:28 WIB Pengamat Politik dan Hukum Ketatanegaraan dari Fakultas Hukum Universitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *