Bertemu Gibran, Pengamat: Anies Baswedan Lebih Diuntungkan

Triawati Prihatsari • 15 November 2022 20:52

Pengamat politik UNS, Agus Riewanto. Medcom.id/ Triawati PP

Solo: Pengamat politik menilai Anies Baswedan lebih banyak memperoleh keuntungan dari pertemuannya dengan Gibran Rakabuming Raka, Selasa pagi, 15 November 2022. Hal itu disampaikan Pengamat Politik dari UNS, Agus Riewanto.

“Dilihat dari pertemuan dua tokoh politik dalam satu perjamuan atau pertemuan tidak ada yang tidak bersifat politis ya. Jadi pasti dugaan saya ada aspek politis yang ingin dicapai kedua belah pihak. Dalam hal ini, yang lebih mendapatkan keuntungan atau advantages dari pertemuan itu adalah Anies,” kata Agus di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 15 November 2022.

Menurut Agus, posisi Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Raka saat ini tidak seimbang. Saat ini, Anies merupakan rakyat biasa semenjak tidak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sedangkan Gibran merupakan pejabat publik dengan posisinya saat ini sebagai Wali Kota Solo. Dia menilai pertemuan tersebut merupakan salah satu upaya Anies Baswedan untuk menaikkan reputasi politiknya.

“Anies itu orang biasa yang bertemu dengan pejabat. Posisi itu menurut saya posisi luar biasa bagi Anies karena dia dianggap sebagai seorang tokoh yang sedemikian rupa. Padahal dia bukan pejabat publik. Dugaan saya pertemuan ini salah satu upaya anis untuk mencari reputasi politik lebih tinggi ke panggung Pilpres 2024,” bebernya. 
 
Selain itu, pertemuan tersebut juga dinikai sebagai cara kreatif Anies Baswedan untuk meningkatkan popularitasnya.  
 
“Dan itu akan dilakukan terus oleh Anies, bersafari politik ini ya. Karena panggung politik Anies agak terbatas begitu tidak tidak menjadi pejabat. Maka cara sederhana yang dilakukan adalah sowan, silaturahmi, safari politik pada tokoh-tokoh kunci yang akan menaikkan reputais politiknya. Terlepas apakah itu hanya dikemas dalam bentuk sarapan pagi atau sharing pengalaman,” ungkapnya. 
 
Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Kota Solo. Dalam kesempatan ini, Anies bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang dikemas dalam acara sarapan bareng.
 
“Senang bisa silaturahmi dengan Pak Wali Kota. Alhamdulillah melihat Solo rapi, bersih, tertib. Mudah-mudahan terus maju berkembang. Yang pasti (pertemuan) tidak ada obrolan khusus, tidak ada (politik),” urai Anies usai pertemuan, di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 15 November 2022.
 
Anies mengaku sempat bertukar pengalaman dengan Gibran terkait tata kelola kota. Dia menilai pengalamannya bertugas sebagai gubernur tidak jauh berbeda dengan menjadi Wali Kota. 
 
Beberapa topik tata kelola yang diintensifkan pembicaraannya terutama terkait transportasi umum.
 
“Kita saling sharing pengalaman sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota. Walaupun namanya gubernur sesungguhnya itu sebuah kota tapi besar. Sama dengan Solo juga begitu. Tadi kami ngobrol juga soal kendaraan umum, pengalaman di Jakarta mudah-mudahan bermanfaat,” beber Anies.

(NUR)

Sumber : https://www.medcom.id/tag/23785/kick-andy-heroes-2023

About admin

Check Also

Konsolidasi Jelang Pemilu di Wonogiri, Agus: Harus Bebas Dulu Baru Adil

Khalid Yogi l Kamis, 21 Desember 2023 | 19:18 WIB Para komisioner KPU Wonogiri beserta …

2 Nama Asal Jawa Tengah Jadi Panelis Debat Capres 2024, Ini Profilnya

Anindya Milagsita – detikJatengSelasa, 12 Des 2023 14:53 WIB Pakar hukum tata negara UNS Solo, …

Pakar Sebut Pilpres 2024 Satu Putaran Sulit Terwujud

Red: Erik Purnama Putra l Rabu 14 Feb 2024 22:47 WIB Pasangan Prabowo-Gibran saat pidato kemenangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *