2 Nama Asal Jawa Tengah Jadi Panelis Debat Capres 2024, Ini Profilnya

Anindya Milagsita – detikJatengSelasa, 12 Des 2023 14:53 WIB

Pakar hukum tata negara UNS Solo, Agus Riewanto salah satu panelis debat capres 2024. (Foto: Istimewa)

Solo – Debat Pilpres 2024 secara perdana akan berlangsung pada hari ini, 12 Desember 2023. Adapun dua nama yang akan menjadi panelis debat pertama Pilpres 2024 berasal dari Jawa Tengah.
Diketahui bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan sejumlah panelis untuk merumuskan pertanyaan yang akan diberikan kepada kandidat calon presiden (capres). Sejumlah panelis tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Seperti pakar ilmu politik, ahli hukum tata negara, guru besar, dekan, hingga komisi nasional HAM. Mereka akan merumuskan pertanyaan kepada kandidat capres mengenai tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Dari 11 panelis yang telah dipilih, terdapat 2 orang yang berasal dari Jawa Tengah. Siapa saja mereka? Simak profilnya di sini!

Profil Agus Riewanto
Sosok panelis debat capres pertama asal Jawa Tengah adalah Agus Riewanto. Dirinya merupakan pakar hukum tata negara yang berasal dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Ia juga aktif menjabat sebagai direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum di Fakultas Hukum UNS. Dilansir detikNews, sebagai pakar hukum tata negara, Agus Riewanto sering kali ditunjuk sebagai ahli di berbagai instansi resmi pemerintah.

Sebut saja oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA). Bukan hanya itu, kepakaran yang dimiliki sosok ini juga kerap dipakai dalam berbagai forum ilmiah.

Mengutip dari laman resmi miliknya, Agus Riewanto lahir di Sragen, Jawa Tengah pada 4 Agustus. Selain dikenal sebagai ahli dalam hukum tata negara, dirinya juga pernah aktif dalam kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu).

Agus Riewanto pernah menjabat sebagai ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Jawa Tengah di tahun 2008-2013. Lalu sebagai anggota KPU Sragen, Jawa Tengah, pada 2003-2008. Hingga sebagai pembela umum YLBHI-LBH Yogyakarta sejak 1997-2000.

Profil Lita Tyesta ALW
Selanjutnya ada Lita Tyesta ALW yang juga resmi ditunjuk sebagai panelis debat capres pada Pilpres 2024. Berdasarkan Curriculum Vitae (CV) yang dibagikan melalui laman resmi Universitas Diponegoro, Lita Tyesta Addy Listya Wardhani merupakan dosen program studi Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Perempuan kelahiran 26 September 1960 ini lulusan dari Universitas Diponegoro dan telah menyelesaikan studi hingga program doktor. Sebagai seorang ahli hukum, diketahui bahwa Lita Tyesta ALW telah beberapa kali menjadi saksi ahli di sejumlah Pengadilan Negeri, Mahkamah Konstitusi, hingga Polres.

Demikian tadi profil dua panelis asal Jawa Tengah untuk debat capres pertama yang akan berlangsung hari ini. Semoga informasi ini membantu!

Sumber : https://www.detik.com/jateng/berita/d-7085442/2-nama-asal-jawa-tengah-jadi-panelis-debat-capres-2024-ini-profilnya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

About admin

Check Also

Konsolidasi Jelang Pemilu di Wonogiri, Agus: Harus Bebas Dulu Baru Adil

Khalid Yogi l Kamis, 21 Desember 2023 | 19:18 WIB Para komisioner KPU Wonogiri beserta …

Pakar Sebut Pilpres 2024 Satu Putaran Sulit Terwujud

Red: Erik Purnama Putra l Rabu 14 Feb 2024 22:47 WIB Pasangan Prabowo-Gibran saat pidato kemenangan …

Pilpres 2024, Pengamat Sebut Para Capres Dipastikan Minta ‘Restu’ Jokowi Agar Menang

Penulis: Wahyu Gilang Putranto l Editor: Arif Fajar Nasucha l Selasa, 16 Agustus 2022 16:37 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *