Perppu Dapat Selamatkan Pemilih Pemula

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
19 September 2018, 10:41 WIB

PENGAMAT Hukum dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Agus Riewanto mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk mengatur hak konstitusional pemilih pemula sangat dibutuhkan. Pasalnya PKPU mensyaratkan KTP-E, sedangkan mulai 31 Desember 2018 perekaman sudah ditutup.”Perppu untuk menyelamatkan hak pilih pemula yang berpotensi hilang pada pemilu 2019. Padahal hak pilih merupakan hak yang tak dapat dikurangi oleh negara (underogable of right) sebagaimana tercantum dalam Pasal 27 dan 28 UUD 1945, maka pemerintah perlu mengeluarkan Perppu,” kata Agus kepada Media Indonesia, Rabu (19/9).
19 September 2018, 10:41 WIBPerppu Dapat Selamatkan Pemilih Pemula Cahya Mulyana | Politik dan Hukum   Pengamat Hukum dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Agus Riewanto — MI/ROMMY PUJIANTO PENGAMAT Hukum dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Agus Riewanto mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk mengatur hak konstitusional pemilih pemula sangat dibutuhkan. Pasalnya PKPU mensyaratkan KTP-E, sedangkan mulai 31 Desember 2018 perekaman sudah ditutup.”Perppu untuk menyelamatkan hak pilih pemula yang berpotensi hilang pada pemilu 2019. Padahal hak pilih merupakan hak yang tak dapat dikurangi oleh negara (underogable of right) sebagaimana tercantum dalam Pasal 27 dan 28 UUD 1945, maka pemerintah perlu mengeluarkan Perppu,” kata Agus kepada Media Indonesia, Rabu (19/9). Ia menjelaskan pangkal masalah kebutuhan Perppu tersebut adalah ketentuan Pasal 348 UU no.7/2017 tentang Pemilu. Dalam pasal itu tersurat, syarat pemilih harus mempunyai KTP-E.Hal ini menjadi masalah untuk seseorang yang berusia 17 tahun pada Januari hingga April 2019. Perekaman KTP-E yang berakhir pada 31 Desember 2018, membuat mereka tak bisa memiliki KTP-E. Sementara dari segi kecukupan usia, sudah memiliki hak pilih.”Maka perlu Perppu berisi tentang diperbolehkannya menggunakan suket penganti KTPE khusus pemilih pemula,” pungkasnya.(OL-6)

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/read/detail/185363-perppu-dapat-selamatkan-p?fbclid=IwAR2AsvH5iiaRzgNlnitn7j2iHL_qnJ42vAu1SUYAl7_NFzIwxmMjj-nb3vw

About admin

Check Also

Pembuatan Draf Omnibus Law Harus Terbuka dan Libatkan Publik

PAKAR hukum tata negara Universitas Sebelas Maret (UNS), Agus Riewanto, mengatakan, masalah utama terkait omnibus …

Ketentuan PPKM Solo Diubah, Pakar UNS: Walkot Tak Kuat Mengkaji Aturan

Bayu Ardi Isnanto – detikNews – Selasa, 12 Jan 2021 16:09 WIB Mural bertema waspada …

Tantangan Gibran di Tahun Pertama Jalankan Roda Pemerintahan di Solo

Calon Wali Kota Solo dari Partai PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka menggelar jumpa pers terkait …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *