12 Nama Panelis yang Diusulkan KPU di Debat Capres-Cawapres Perdana

Jumat, 8 Desember 2023 14:04 WIB l Reporter : Ihsan Reliubun l Editor : Eko Ari Wibowo

Pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo – Mahfud MD, dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka

TEMPO.COJakarta – Komisi Pemilihan Umum dikabarkan telah menyiapkan usulan 12 nama panelis debat capres-cawapres di Pilpres 2024. Mereka adalah pakar dan praktisi hukum yang akan menguji setiap paslon pada debat pertama 12 Desember 2023. 

12 pakar tersebut adalah Rudi Rohi, pakar ilmu politik Universitas Nusa Cendana; Mada Sukmajati, pakar ilmu politik Universitas Gadjah Mada; Lita Tyesta ALW, ahli hukum tata negara; Khairul Fahmi, pakar hukum Universitas Andalas; Agus Riewanto, pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret; Susilo Dwi Harijanti, pakar hukum tata negara Universitas Padjajaran. 

Kemudian, Bivitri Susanti, pengajar di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera; Arie Sudjito, pakar hukum UGM; Wawan Mas’udi, dekan Fisipol UGM; Ahamd Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020; Yos Johan Utama, Rektor Universitas Diponegoro 2019-2024; dan Bayu Dwi Anggono, guru besar Universitas Jember. 

Tempo mengkonfirmasikan 12 nama panelis debat capres tersebut ke komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Anggota KPU August Mellaz, tidak membantah soal nama-nama tersebut, namun bertanya asal sumber data itu. “Sampeyan itu dapat 12 nama dari mana Mas? Rembukan sama sumbernya saja Mas,” ujar dia melalui aplikasi perpesanan Jumat 8 Desember 2023.

Adapun Ketua KPU Hasyim Asyari hingga berita ini ditulis tidak menjawab sambungan telepon dan merespons pesan yang dikirimkan ke nomornya. 

Anggota Tim Pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md., Jimmy Yansen membenarkan ada 12 nama panelis dalam debat capres-cawapres. Namun, dia menyatakan dalam debat kesatu sampai kelima ada banyak nama yang diusulkan oleh KPU. “Iya, kami enggak ada masalah dengan nama-nama itu,” kata dia melalui sambungan telepon, Jumat, 8 Desember 2023.

Dia mengatakan, seharusnya hari ini dari sejumlah nama yang diusulkan KPU, akan dikoordinasikan kembali dalam setiap tim capres-cawapres. Koordinasi itu untuk mendengar tanggapan nama-nama yang dikasih KPU kepada tim capres-cawapres. “Seharusnya hari ini (kami kasih usulan), tapi saya tidak hadir,” kata Jimmy, yang juga hadir dalam rapat koordinasi pada Rabu, 6 Desember 2023.

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin atau Timnas Amin, Billy David Nerotumilena mengatakan meyakini nama-nama yang diusulkan KPU sebagai penelis adalah orang-irang mumpuni dan punya rekam jejak baik dalam tema-tema terkait. 

“Kami berharap panelis-panelis tetap memegang teguh netralitas dan independen. Namun tetap kritis secara substansi kepada gagasan Amin atau paslon lain,” kata Billy, melalui aplikasi perpesanan pada Jumat, 8 Desember 2023. 

Billy membenarkan 12 nama panelis tersebut. Ia mengatakan setelah nama panelis diperoleh tim capres-cawapres, mereka akan diberikan waktu untuk memberikan pendapat kepada KPU. “Sepertinya, korespondensi dulu, lalu harusnya KPU mengundang sekali lagi rapat koordinasi,” ujar dia. 

Sebelumnya, Hasyim mengatakan KPU memberikan kesempatan kepada ketiga tim capres-cawapres untuk mengusulkan lagi nama-nama panelis. Nama-nama itu paling lambat diterima KPU pada 8 Desember 2023. 

“Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis, yang harus disampaikan kepada KPU lagi pada Jumat, 8 Desember 2023,” kata Hasyim, kepada wartawan di gedung KPU, Rabu, 6 Desember 2023. 

Hasyim mengatakan, seorang panelis berperan merumuskan pertanyaan kepada ketiga pasangan capres-cawapres dalam debat. “Panelis diundang untuk merumuskan, kira-kira dari topik itu atau tema itu, apa pertanyaan-pertanyaan penting atau perlu diajukan kepada masing-masing capres atau cawapres,” katanya.

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1806881/12-nama-panelis-yang-diusulkan-kpu-di-debat-capres-cawapres-perdana

About admin

Check Also

Polemik Mural Jokowi 404:Not Found di Tangerang, Pakar Hukum: Bukan Melanggar Simbol Negara

TRIBUN-VIDEO.COM – Mural Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertuliskan 404:Not Found di Tangerang tengah menjadi …

Apa Maksud Wapres Ban Serep yang Jadi Pesan FX Rudy ke Mahfud?

Foto: FX Rudy saat meyakinkan Mahfud Md bahwa dia tidak akan menjadi wapres ban serep. …

KPU Sebut Panelis akan Dikarantina Sebelum Debat Capres-Cawapres

Ketua KPU Hasyim Asy’ari (tengah) bersama anggota KPU August Mellaz (kedua dari kiri), Mochamad Afifuddin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *